Selasa, 02 Januari 2018

5 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi

5 Tempat Wisata Kuliner di Solo yang Wajib Dikunjungi





Nyamnyamkuliner - Solo mungkin saja tidak sepopuler saudaranya, Yogyakarta. Tetapi, kota yang sempat juga berjaya dibawah Kesultanan Surakarta ini dapat dibanggakan dalam soal kuliner. Bertandang ke Solo bermakna coba pengalaman baru, mencicipi kuliner khasnya yang tidak kalah lezat dengan kuliner ciri khas daerah beda di nusantara. 

1. Timlo Sastro 



Bila ke Yogyakarta Anda harus mencicipi gudeg, Timlo jadi kuliner harus di Solo. Timlo dapat dengan gampang Anda jumpai di semua penjuru Solo, tetapi baiknya Anda bertandang ke ‘legenda’ timlo yakni Timlo Sastro. 

Seperti apa sich timlo? Timlo yaitu kuliner seperti sop kaldu ayam yang diisi wortel, ati ampela, kentang, sosis solo serta daging ayam. Timlo umum disantap dengan nasi serta kerupuk kulit. Timlo Sastro adalah satu diantara timlo popular mulai sejak th. 1952. 

2. Roemahkoe Resto 




Roemahkoe Resto atau yang juga dikenal dengan Restoran Laras adalah obyek wisata kuliner memiliki nuansa Jawa yang harus Anda kunjungi. Berada di Jalan Radjiman 501, obyek wisata kuliner ini ada satu kompleks dengan penginapan yang memiliki nuansa sama. 

Menu andalan Roemahkoe Resto yaitu nasi jemblung yang disebut hidangan istimewa kerajaan. Nasi jemblung dihidangkan dengan lidah sapi yang dibuat semur. Langkah penyajiannya juga unik serta cantik, beralaskan daun pisang, nasi dibuat mirip satu cincin rakasasa, lidah sapi lalu ditempatkan di dalam cincin itu. Jadi penambah sedap, nasi ini turut dihiasi sambal terasi, irisan mentimun serta kerupuk kulit. 

3. Serabi Notosuman 



Di Bandung, jajanan ini di kenal dengan nama surabi, di Solo namanya berubah dikit jadi serabi. Serabi yang popular yaitu Serabi Notosuman yang berada di Jalan Moh. Yamin (terlebih dulu bernama Jalan Notosuman). 

Serabi ini berlainan dengan berada di Bandung. Serabi Notosuman tidak disajikan dengan kuah, varian rasa-rasanya juga cuma ada dua yakni original serta coklat. Meski begitu, jajanan yang terbuat dari adonan tepung beras serta santan ini tetaplah banyak disukai oleh warga Solo dan wisatawan dari luar kota. Rasa-rasanya yang gurih begitu cocok di nikmati dengan teh hangat di sore hari. 

4. Galabo Solo 



Malam hari serta perut lapar? Kunjungi Pasar Malam Galabo (Gladag Langen Bogan) yang terdapat di Jalan Mayor Sunaryo. Pasar malam hari ini buka mulai jam 5 sore hingga 5 pagi, sedang pada siang hari, tempat ini berperan jadi jalan raya umum. 

Terkecuali jejeran tenda serta bangku, pasar malam hari ini juga diperlengkapi dengan akses WiFi gratis serta live music jadi hiburan pengunjung. Beragam kuliner ciri khas Solo bisa Anda dapatkan disini seperti tengkleng, sate kere, mie thoprak, wedang ronde dan sebagainya. Sebagian yang popular di sini yaitu Sate Kere Yu Rebi serta Susu Fresh Shi Jack. 

5. Sate Buntel Tambak Segaran 



Solo begitu kreatif dalam membuat kuliner. Bila Anda umum memakan sate yang itu-itu saja, waktunya Anda mencicipi sate buntel ciri khas Solo. Sesuai sama namanya, sate ini dibungkus sebelumnya dibakar. Dibungkus bagaimana? Sate ini terbagi dalam daging kambing cincang yang telah dibumbui serta dibungkus dengan lemak kambing tidak tebal. Waktu dibakar, lemak juga akan meleleh serta menaikkan cita rasa sate buntel. 

Sate buntel yang paling popular yaitu Sate Buntel Tambak Segaran yang terdapat di Jalan Tambak Segaran 39, Solo. Terkecuali sate buntel, obyek wisata kuliner ini sediakan menu yang lain seperti sate daging kambing umum serta gule kambing. Tempat ini buka sehari-hari mulai jam 10 pagi hingga 11 malam. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar